Jumat, 27 April 2012

Cara Mengatasi Penyebab Komputer (CPU) Cepat Panas/ Rusak



CPU merupakan otak komputer. Performance komputer sangat bergantung pada CPU dan Memory tentunya. Oleh karena itu CPU Komputer merupakan komponen komputer yang patut dijaga keselamatannya.
Umumnya komputer atau CPU komputer menjadi lebih cepat rusak karena 9 hal berikut :

1. Processor Tertutup Debu

Debu yang menutupi processor akan membuat processor menjadi lebih cepat panas. Cara paling mudah untuk mengatasinya adalah dengan membersihkan prosesor secara rutin.

2. Cooling Fan Tidak Sesuai

Untuk menekan biaya / mempermurah harga jual, bisa jadi sang pedagang menjual paket komputer dengan cooling fan yang tidak memenuhi standar. Biasanya untuk pemakaian komputer yang tidak terlalu lama tidak akan terlalu berpengaruh pada panas processor. Processor baru mulai akan terasa panas untuk pemakaian jangka waktu lama. Cara mengatasinya adalah dengan mengganti Cooling fan dengan cooling fan yang standar.

3. Heatsink berdebu

Debu yang menutupi heatsink juga akan membuat heatsink lebih cepat panas. Dan seperti halnya processor yang berdebu, cara paling mudah untuk mengatasinya adalah dengan membersihkan heatsink secara rutin.

4. Overclock

Overclock biasa digunakan untuk mempercepat kinerja komputer tetapi overclock akan membuat komputer lebih cepat panas. Bila anda ingin overclock, sebaiknya didukung dengan pendingin / coller yang bagus.

5. Kebocoran Power Supply

Maksud Power supply yang bocor adalah power supply yang menghasilkan tegangan lebih besar dari yang seharusnya sehingga tentu akan membuat komputer lebih cepat panas. Untuk mengetahu tegangan yang dihasilkan oleh power supply anda dapat menggunakan avo meter. Dan bila power supply anda ternyata kelebihan tegangan, sebaiknya anda mengganti dengan power supply yang baru.

6. Cooling Fan Berdebu

Cooling fan yang berdebu bisa menyebabkan kinerja cooling fan terganggu, sehingga panas yang ada tidak bisa dikeluarkan secara maksimal. Cara mengatasi cooling fan yang berdebu sama seperti mengatasi heatsink yang berdebu yakni dengan dibersihkan. Jadi anda seharusnya saat membersihkan komponen komputer jangan lupa membersihkan processor, heatsink dan cooling fan. Bersihkan juga cooling fan yang ada pada power supply.

source : http://iqbalblogger.blogspot.com/2011/12/cara-mengatasi-penyebab-komputer-cpu.html

0 komentar:

Posting Komentar